TEORI Z WILLIAM OUCHI

Friday, September 9, 20110 comments

Teori Z diciptakan oleh William G Bill Ouchi seotrang profesor dari amerika serikat dan penulis buku dibidang manajemen. Teori Z sudah banyak diimplementasikan / dijalankan pada berbagai macam  perusahaan di Amerika Serikat dan Jepang. Teori Z  lebih menekankan pada peran dan posisi pegawai atau karyawan dalam perusahaan yang dapat membuat para pekerja menjadi lebih nyaman, lebih betah, lebih senang dan merasa menjadi bagian penting dalam perusahaannya. Dengan demikian maka karyawan tersebut  akan bekerja lebih efektif dan efisien dalam melakukan pekerjaan yang dilakukannya.
Berikut ini adalah 5 syarat dan ciri dari perusahaan yang menerapkan teori z :
1. Tanggung jawab (responsibility) diberikan secara perorangan atau individual.
2. Karyawan bebas (free) bekerja menggunakan keterampilan yang dimilikinya.
3. Karyawan dipekerjakan seumur hidupnya dan apabila perusahaan tersebut mengalami krisis keuangan, maka para pegawai tidak akan dipecat atau phk.
4. Pengambilan keputusan (decision) dilakukan dengan cara konsensus atau secara terbuka (open). Walaupun pengambilan keputusan ini akan memakan waktu yang lebih lama namun tingkat keberhasilan melaksanakan hasil keputusan yang didapat akan lebih tinggi karena akan mendapat dukungan dari mayoritas pekerja.
5. Promosi (promotion) dilakukan perlahan-lahan dari bawah, dan proses evaluasi prestasi dan promosi dilakukan dengan lebih  teliti agar tidak menimbulkan masalah dengan para karyawan.

Buku yang pertama kali diterbitkan oleh William Ouchi pada tahun 1981 adalah Theori Z : How American Management Can Meet the Japanese Challenge, dan pada akhirnya buku ini menjadi best seller di new york lebih dari 5 bulan.  Buku yang diciptakan oleh william ouchi terinspirasi dari perusahaan-perusahaan jepang yang menguasai pasar asia pada tahun 1980-an
.
sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Theory_Z
              https://en.wikipedia.org/wiki/William_Ouchi








Share this article :

Popular post

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. TEORI SKRIPSI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger