Teori Bauran Pemasaran (Kotler)

Senin, 11 April 20110 komentar

   Menurut Kotler (2000, 4) definisi pemasaran adalah proses sosial  dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan  keinginan mereka dengan menciptakan, penawaran produk yang bernilai satu  sama lain. Inti dari kegiatan pemasaran adalah mengembangkan produk,         penelitian komunikasi, distribusi, penetapan harga, dan pelayanan. Menurut  Payne (1993, 21) pemasaran adalah proses merasakan, memahami,  membangkitkan, dan  memuaskan kebutuhan target pasar yang spesifik  dengan menghubungkan sumber daya organisasi kepada kebutuhan target  pasarnya. Sedangkan menurut Walker et al (1991, 5) pemasaran adalah  keseluruhan sistem dari aktifitas bisnis yang    dirancang untuk perencanaan,   harga, promosi, dan distribusi yang diharapkan produk dapat memuaskan target pasar untuk mencapai tujuan suatu organisasi. Konsep pemasaran ini  mencerminkan komitmen perusahaan kepada konsumennya.
            Didalam pemasaran terdapat bauran pemasaran. Bauran pemasaran ialah serangkaian variabel pemasaran terkendali yang dipakai oleh perusahaan  untuk menghasilkan tanggapan yang dikehendaki perusahaan dari pasar   sasarannya (Kotler 1984, 41). Bauran pemasaran terdiri dari segala hal  yang bisa dilakukan perusahaan untuk mempengaruhi permintaan atas  produknya. Beberapa kemungkinan itu bisa dikumpulkan kedalam empat  variabel yang dikenal sebagai “ empat P” yaitu :
1.      Product (produk)
            Segala sesuatu yang dapat ditawarkan kedalam pasar untuk diperhatikan, dimiliki, dipakai, atau dikonsumsi sehingga dapat memuaskan suatu keinginan atau kebutuhan.
2.      Price (harga)
            Definisi harga adalah sejumlah uang yang harus dibayarkan oleh konsumen untuk mendapatkan produk
3.      Place (tempat)
            Definisi tempat adalah berbagai kegiatan yang membuat produk terjangkau oleh sasaran konsumen.
4.      Promotion (promosi)
            Definisi promosi adalah kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk menonjolkan keistimewaan-keistimewaan produknya dan membujuk konsumen agar membelinya.
            Dalam penelitian ini yang akan dibahas adalah variabel produk dan  harga. Produk yang akan dibahas adalah jasa, karena objek penelitian ini adalah jasa transportasi taksi Blue Bird. Sedangkan variabel harga merupakan  variabel yang berada pada model penelitian, sebagai faktor yang            mempengaruhi kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen.
Share this article :

Popular post

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Teori Thesis - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger