Teori Bauran Pemasaran (Kotler)

Monday, April 11, 20110 comments

   Menurut Philip Kotler (2000, 4) definisi dari pemasaran adalah proses sosial  dan managerial dimana perorangan dan kelompok mendapatkan kebutuhan mereka dengan menciptakan, penawaran produk yang bernilai masing-masing. Inti dari kegiatan pemasaran adalah untuk mengembangkan suatu produk, penelitian distribusi, komunikasi, penetapan harga, dan pelayanan. Menurut  Payne (1993, 21) pemasaran adalah suatu proses merasakan, membangkitkan, memahami, dan  memuaskan kebutuhan target pasar yang lebih spesifik  dengan menjembatani sumber daya organisasi kepada kebutuhan target  pasar. Sedangkan menurut Walker et al (1991, 5) pemasaran adalah  keseluruhan sistem dari aktifitas bisnis yang    dirancang untuk perencanaan,   harga, promosi, dan distribusi yang diharapkan produk dapat memuaskan target pasar untuk mencapai tujuan suatu organisasi. Konsep pemasaran ini  mencerminkan komitmen perusahaan kepada konsumennya.
            Didalam pemasaran terdapat bauran pemasaran. Bauran pemasaran ialah serangkaian variabel pemasaran terkendali yang dipakai oleh perusahaan  untuk menghasilkan tanggapan yang dikehendaki perusahaan dari pasar   sasarannya (Kotler 1984, 41). Bauran pemasaran terdiri dari segala hal  yang bisa dilakukan perusahaan untuk mempengaruhi permintaan atas  produknya. Beberapa kemungkinan itu dikumpulkan kedalam 4  variabel yang dikenal sebagai “ 4 P” yaitu :
1.      Product ( produk )
            Segala sesuatu yang dapat ditawarkan kedalam pasar untuk diperhatikan pembeli, diusahakan untuk dimiliki, dipakai, atau dikonsumsi sehingga dapat memuaskan suatu keinginan atau kebutuhan konsumen.
2.      Price ( harga )
            Harga adalah sejumlah uang yang harus dibayarkan oleh konsumen untuk mendapatkan produk yang diinginkannya.
3.      Place (tempat)
            Tempat adalah berbagai tempat kegiatan yang membuat produk terjangkau oleh sasaran konsumen.
4.      Promotion (promosi)
            Promosi adalah kegiatan yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk menunjukkan keistimewaan-keistimewaan produk yang diciptakannya dan merayu konsumen agar membelinya.
            Dalam penelitian ini yang akan dibahas adalah variabel produk (product) dan  harga (price). Produk yang dibahas adalah jasa, karena objek penelitian ini adalah jasa transportasi perusahaan taksi Blue Bird. Sedangkan variabel harga (Price) merupakan  variabel yang berada pada model penelitian, sebagai faktor yang sangat mempengaruhi kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen.
Share this article :

Popular post

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. TEORI SKRIPSI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger